Kamis, Juli 16, 2009

Indon

Banyak yang berang ketika warga kita disebut "Indon". Bahkan tidak kurang dari forum resmi ikut pula memprotes. Memang memalukan. Rendah amat citra bangsa ini dimata bangsa lain. Tetapi tentu bukan salah mereka semata apabila ada stigma negatif seperti itu. Semua kembali kepada kita sendiri bukan? Kalau reputasi warga Indonesia di luar negeri memang terpuji tentu penilaian seperti itu tidak akan muncul. Atau kalau adapun kita akan dapat menerimanya dengan senyum.



Kenapa kita marah?? Ya biasanya marah itu menutupi kesalahan. Kalau tidak salah, kenapa mesti harus marah? Saya merasa hinaan seperti itu (kalau maksudnya memang menghina, karena belum tentu semua bermaksud demikian), tidak perlu menimbulkan rasa marah. Justru seharusnya kita berterima kasih telah diingatkan. Ayo kita perbaiki!! Ayo kita buktikan bahwa stigma negatif itu tidak benar!! Tunjukkan dengan perbuatan dan prestasi, bukan dengan kata-kata, apalagi dengan balas mengolok-olok.



Asah prestasi, jangan sekedar mengejar Muri. Tirulah bangsa Jepang, yang mampu merubah kepedihan kalah perang, menjadi pemenang yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar