Kamis, Juli 16, 2009

Kepentingan Nasional Indonesia

Party is over, pemilihan presiden sudah usai, tersisa kinicuci piring dan beres-beres bagaimana menata ulang tata pemerintahan yang baik dan efektif untuk mencapai visi dan misi. Bagaimana melibatkan semua orang untuk ikut memikirkan, mengerjakan dan saling membantu guna mencapai masyarakat adil dan sejahtera yang berkeadilan dan bermartabat. Teringat kembali akan apa sih sebenarnya kepentingan nasional Indonesia itu??

Sebagai contoh Amerika membagi kepentingan nasionalnya kedalam lingkaran-lingkaran yang makin keluar makin rendah prioritasnya. Lingkaran terdalam disebut "Survival Interest" yaitu kepentingan yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bangsa Amerika, Jangan coba-coba sentuh disitu, siapa yang menyentuh akan dihantam tanpa ampun. Misalnya melindungi warga negara Amerika. Lebih keluar, "Vital Interest". Ini merupakan kepentingan vital yang sangat mempengaruhi hajat hidup bangsa Amerika, misalnya energi. Diluarnya lagi baru disebut "Marginal Interest" yaitu kepentingan pendukung untuk menunjang kebesaran bangsa Amerika.

Itu hanya sekedar contoh saja. Lantas bagaimana sih rumusan kepentingan nasional Indonesia? Sudahkah tersusun secara rapih sesuai prioritas seperti itu? Rasanya ini PR yang perlu digarap agar ada pedoman dalam menyusun segala macam program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar